Aktifitas Terakhir Detail

Dino: Bangsa Indonesia Harus Bermental Entrepreneur

Jakarta, 26 Mei 2014 - Mantan duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal mengatakan syarat bangsa untuk menjadi maju adalah harus bermental entrepreneur.

Oleh karena itu, katanya, Indonesia harus menciptakan iklim yang mendukung tumbuhnya suburnya entrepreneur-entrepreneur muda.

Demikian dikatakan Dino saat menjadi pembicara tentang Investor Magnet yang diselenggarakan oleh Local Trade Society, Senin (26/5).

Dikatakan Dino, berdasarkan data World Bank, posisi Indonesia saat ini berada di urutan 120 dari 183 negara dalam hal kemudahan untuk membuka dan mengembangkan usaha.

Ke depan, sambungnya, posisi ini harus diperbaiki.

"Paling tidak dalam 5 tahun ke depan posisi kita harus menempel di belakang Singapura. Kalau untuk mengalahkan Singapura sepertinya sulit," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut Dino mengajak anak anak muda Indonesia untuk tidak memiliki mental block.

"Beberapa waktu lalu saya keliling Indonesia ke hampir 30 kota. Masih banyak saya temui anak anak muda yang memiliki mental block untuk menjadi entrepreneur. Mereka berteriak anti kapitalis tapi mungkin mereka tidak paham apa artinya," tuturnya.

Dijelaskan Dino, saat dirinya mengunjungi banyak negara seperti Brasil, Vietnam dan China, mindset anak anak muda di sana sudah jauh berubah.

"Anak anak mudanya bersemangat untuk menjadi entrepreneur. Pemerintahnya juga sangat agresif mengejar investor," jelasnya.

0 Komentar